Cerita #1

Halo Semuanya!

Sekarang jam 18.41, Jakarta habis diguyur hujan, sempat adem suasananya, tapi sekarang udah lumayan engap lagi haha. Bulan Juni, harusnya udah memasuki musim kemarau, infonya karena pengaruh dinamika laut-atmosfer di Samudera Hindia, silakan baca-baca di portal berita, hehe.

Well, seperti judulnya, hari ini saya mau cerita tentang kejadian-kejadian yang menurut saya unik atau aneh yang pernah saya alamin yang kadang enggak ada faedahnya, saya tulis biar inget aja. Hari ini ada tiga cerita.

1. Amplop 

Ini kejadian waktu saya semester 5 tahun 2019. Hari itu saya skip kelas karena super males (ma, semoga enggak baca), tapi akhirnya harus ke kampus juga buat ngurus surat izin wawancara pihak eksternal untuk mata kuliah Design Research. Setelah dapat surat izin wawancara, saya jalan ke JNE di bawah apartemen dekat kampus, untuk kirim surat tersebut ke Bandung. Mumpung jam makan siang, sebelum balik kost akhirnya saya makan nasi goreng langganan di deretan kost temen saya, murmer dan porsinya banyak.

Waktu lagi menikmati nasi goreng plus view jalan raya yang enggak ramai-ramai amat, saya ditanyain sama yang jaga kasir, "Mbaknya umur berapa? Mbak coba lamar ke Mal ***, kemarin saya liat dia lagi buka lowongan. Kalo nggak salah jadi SPG tuh mbak, saya juga lagi coba-coba daftar. Mbak udah coba lamar ke mana aja?" dengan ekspresi tulus dan menyemangati. Hmm saya senang ada yang perhatian /ck/ tapi agak bingung juga tiba-tiba ditawarain kerjaan, apa muka saya sangat BU waktu itu.

Ternyata itu karena sisa amplop coklat yang saya bawa. Setelah itu kami lanjut ngobrol, mbaknya jadi temen saya makan nasgor. Unik juga, pikir saya. Ternyata orang yang bawa amplop coklat, lekat dengan stereotype lagi lamar kerja, padahal saya lagi pake kaos santai banget plus plus KTM.

2. Di ujung tanduk magang

Kalau pernah baca cerita tentang saya nekat ambil magang sebelum TA, sebenarnya banyak banget kejadian yang istilahnya, "untung aja begini... kalo enggak bakal begitu...". Sebelum sidang magang, saya harus mengumpulkan laporan sebagai bahan sidang. Dua minggu menuju sidang, saya dengan santainya masih ngerjain laporan (jujur enggak santai, saya asli pusing untuk ngimbangin kerja, magang, dan nulis laporan magang, ahaha). 

Seminggu menuju sidang, setelah dapet ttd penanggung jawab magang, saya harus proses surat selesai magang. Saya masih mikir, "Ini mah bakal tepat waktu, minta surat selesai magang paling berapa lama, sih?", oh sungguh jumawa. Barulah saya baca lagi informasi mengenai prosedurnya.

"Pengajuan surat selesai magang dan persetujuan laporan magang diserahkan minimal 1 bulan sebelum sidang", ...tunggu, ini apa saya yang salah baca atau salah paham.. Apakah berarti saya udah gagal magang ini?! Panik nanyain dosen, hubungin HRD, pikiran saya udah melayang-layang, rasanya pengin jadi tumbuh-tumbuhan saking lelahnya. 

Sampai akhirnya h-1 pengumpulan, saya belum dapet ttd persetujuan dan surat selesai magang. Saya cuma bisa pasrah, "Ya kalo nggak lulus, ambil magang lagi aja, ya kan" batin hati sedih saya. Sambil scroll email, saya menemukan email baru yang menginfokan kalau web kampus untuk kumpul laporan magang sedang maintenance sampai beberapa hari ke depan. Ya Allah... Rasanya pengin joget, ibarat di game, tuh, kalo nyawa udah mau habis, tiba-tiba ada notifikasi, "Tonton iklan untuk mendapatkan nyawa". 

Berhasilah saya mengumpulkan laporan magang. Apakah sudah selesai? Oh tentu tidak. Menjelang hari sidang magang, laptop saya berulah, WI-FI/Hotspot 10-20 menit sekali ter-disconnect. Usut punya usut, itu semua karena udpate ke Windows 10. Niat saya semakin bulat untuk berubah jadi tumbuh-tumbuhan. Hari-H sidang, saya test laptop pakai hotspot, ternyata bisa. Saya coba ZOOM, bisa. Saya coba pakai sidang, berhasil, berhasil ter-disconnect sampe waktu habis pun saya engga bisa masuk lagi ke ZOOM karena enggak ada sinyal. Coba pakai HP, saya enggak terbiasa dengan present PPT di HP. 

Saya cuma bisa pasrah, "Ya kalo nggak lulus, ambil magang lagi aja, ya kan" batin hati sedih saya.

Untungnya dospem saya yang sangat amat baik hati menelpon (yang entah dapet no HP saya dari mana), dan bilang bisa ikut sidang susulan setelah jam makan siang. Ya Allah.. Harusnya saya sujud syukur waktu itu. Saya pinjam laptop adek yang baru selesai sekolah. Alhamdulillah lancar sampe bisa lulus... 

3. Berburu Musholla

Hari itu ada yang baru resign dari kantor. Rame. Alhasil pulang agak sore. Sekitar 17.10 saya pesan ojol. 17.15 Sambil nenteng minuman boba yang belum dibuka tapi basah karena es yang cair, saya turun ke bawah samperin abang ojol. Suasananya agak engap karena baru selesai huajn deras, pas di perjalanan pun agak gerimis sebentar.

"Neng, biasa pulang lewat mana?" Saya bilang lewat mana aja, yang penting sampe. Biasanya abang ojol itu punya rute andalan sendiri, alias jalan tikus yang ujug-ujug saya udah sampe depan rumah. Abang ojol ini lumayan gesit, lampu masih otw hijau, dia udah trabas jalan sampe saya minta maaf ke pengguna jalan lainnya, dalam hati, hehe.

"Neng, shalat maghrib?" Saya bilang, enggak karena lagi halangan, tapi kalau si abang ojol mau shalat ya sok atuh saya tungguin. Setiap lewat jalan belokan masuk komplek, abangnya nengok. Celingak-celinguk, cari jalan yang enggak ditutup. Sampai kami melewati satu pintu komplek yang buka, tapi motor terlanjur melaju, saya ikutan kecewa karena abangnya enggak keburu belok. Biasanya dalam komplek, kan, ada musholla.

"Bang, shalat di stasiun aja," di atas flyover dengan pemandangan stasiun dan Pasar Tanah Abang, adzan maghrib berkumandang. Saya merasakan si abang gelisah, karena udah masuk waktu maghrib, tapi kami masih stuck karena agak macet. 

Dengan sisa batre HP 4%, saya bantu abangnya cari musholla di Google Maps. Mengingat sedang pandemi, banyak musholla tutup. Sambil jalan, munculah satu musholla berjarak 10 menit dari tempat kami. Hampir pasrah karena jalanan komplek yang macam labirin, untungnya kami bertemu penjaga pos dan diarahkan ke jalan yang benar. 

Abangnya shalat maghrib, saya duduk di depan pintu musholla yang langsung menghadap ke jalan, sambil jaga sendal dan liatin jalan komplek yang lumayan ramai. Kalo motor udah ada yang jaga, bapak tukang parkir. Batre HP saya habis, akhirnya cuma merenung, enggak inget mikirin apa. Tiba-tiba pintu belakang saya kebuka, wah, apakah sudah selesai? Pas saya nengok, bapak kang parkir bawain saya kursi kondangan biru untuk duduk. Tadi, waktu bapaknya pergi, saya pikir, wah saya harus jagain motor juga, oh ternyata...

Terharu juga saya... Padahal saya udah jiwa ndeprok di lantai, tapi kalau dibawain kursi harus diterima, dong. Akhirnya saya have a better view gerobak-gerobak abang cilok, bakso, siomay, yang ditinggal penjualnya shalat, tepat waktu. Hehe, saya rasanya kayak ditampar bolak-balik sama bapak-bapak ini semua. 

"Makasih neng," ucap abang ojol yang selesai shalat. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan sampai rumah.

Sekian tiga cerita tanpa faedah saya.

Salam, 

Adina

Comments

Popular posts from this blog

Memaknai Kuliah S1 Desain

Bulan Agustus 2022